Mengatasi Volume HP Android yang Naik Turun Sendiri Suaranya

Tips Android – Pernah mengalami Volume HP android Naik Turun sendiri? Kadang keras kadang lirih atau rendah suaranya. Pada awal kita membeli HP, pasti volume HP akan baik-baik saja tanpa masalah, tapi seiring pemakaian yang terlalu sering dan sudah terlalu lama, maka akan banyak masalah muncul salah satunya di Volume HP ini. Misalnya tombol terasa makin keras ketika dipencet, tombol mengalami kerusakan, volume sulit mengeluarkan suara seperti biasanya, volume yang naik turun sendiri dan masih banyak lagi masalah dengan volume HP yang membuat kita tidak nyaman beraktifitas.

Suara HP naik turun sendiri memang bisa saja terjadi seperti yang mungkin sedang anda alami. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang volume HP yang naik turun sendiri. Tidak bisa dipungkiri, sering kali di beberapa HP kita menemui beberapa masalah di volume, yaitu naik turunnya volume HP dengan sendirinya, padahal tidak sedang beraktifitas apa-apa. Hal ini pasti membuat keresahan tersendiri dikarenakan akan sangat mengganggu aktifitas dalam keseharian menggunakan HP kamu.

Sekarang ini bukanlah saatnya kamu berlarut-larut dalam masalah ini, tetapi ada baiknya kamu segera mencari solusi terbaik untuk mengatasi masalah Volume HP yang naik dan turun sendiri.
Cara mengatasi masalah ini tanpa harus ada penggantian atau tanpa harus membawanya ke tukang service HP dan bisa kamu lakukan sendiri akan saya bahas di artikel ini. Karena pasti akan butuh budget tersendiri jika harus membawanya ke Service Center atau tempat Servis HP Resmi. Maka tips yang saya berikan nanti diharapkan bisa membantu kamu.

Cara Mengatasi Volume Suara Naik Turun Sendiri di HP Android

 

Cara Mengatasi Volume Suara Naik Turun Sendiri di HP Android

Sebelum kita masuk ke solusinya, ada baiknya kamu mengetahui hal-hal apa saja yang mungkin jadi penyebab masalah Volume naik turun sendiri ini.
Volume naik turun sendiri ini bisa terjadi karena factor luar, bisa juga karena system error.
•    Seringnya menekan tombol volume terlalu keras
•    Menekan menggunakan kuku yang tentunya membuat tekanan dibagian tertentu saja.
•    Menggunakan headset yang tidak sesuai dengan HP kamu
•    Memaksakan mencolokkan headset yang sudah rusak
•    Penggunaan speaker aktif yang terlalu sering
•    Karena error system
Factor-faktor diatas bisa menjadi kemungkinan masalah error pada volume terjadi. Apalagi  terlalu sering mencolok kabel headset dengan menggunakan speaker aktif bisa memperparah kondisi kerusakannya volume ini.
Tidak menutup kemungkinan juga, tombol volume HP kamu sudah kendor karena ditekan terlalu kuat dan bisa jadi didalamnya sudah berkarat karena memang sudah terlalu lama dalam pemakaiannya. Jika kamu sedang mengalami masalah ini, silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Kamera Gagal/Failed di Android

Cara Mengatasi Volume Naik Turun Sendiri
Cara dibawah ini bisa kamu coba lakukan sebelum kamu terburu-buru membawanya ke service center resmi atau konter service HP, karena untuk bisa mengetahuinya juga apakah kondisi bagian volume ini benar-benar parah ataukah ternyata masih bisa kamu atasi sendiri.
Bisa kamu mencoba cara-cara dibawah ini:
1.    Restart HP
Cara ini biasanya dilakukan untuk memperbaiki beberapa masalah yang muncul di HP android, bisa jadi hal ini karena system yang error dan menjadikan volume naik turun sendiri. Maka tidak ada salahnya mencoba restart HP kamu. Atau bisa juga kamu matikan HP kamu untuk beberapa saat baru dinyalakan kembali. Jika sudah aktif kembali silahkan lihat apakah volume naik turun sudah teratasi ataukah belum. Jika memang masih belum bisa kamu bisa melakukan opsi selanjutnya.
2.    Membersihkan Bagian Dalam HP
Jika ternyata Restart tidak membawa perubahan significant kamu bisa coba opsi kedua ini, yaitu dengan membersihkan bagian dalam HP android kamu.
Cara ini memang sedikit agak rumit, jadi membutuhkan skill untuk bisa membuka casing belakang HP. Karena tidak menutup kemungkinan terdapat plat kuningan yang kendor atau mungkin nyangkut sehingga kadar responsibilitasnya menurun ketika ditekan.
Langkah pembersihan bagian dalam adalah sebagai berikut:
•    Persiapkan sedikit alcohol, kapas atau cottonbud dan lap kering
•    Pastikan kondisi HP dalam keadaan mati, lalu kemudian buka casing belakangnya. Untuk langkah  ini, silahkan kamu mencari di Google atau YouTube bagaimana tutorial membuka casing HP sesuai merk dan type HP android kamu.
•    Kemudian kamu bisa teteskan alcohol pada cotton bud dan silahkan bersihkan perlahan bagian plat kuningan diderah tombol volume tersebut.
•    Kemudian cek kembali apakah penempatannya sudah sesuai ataukah ada yang mungkin bergeser.
•    Jangan lupa cek juga karet tombol yang ada pada casing apakah bermasalah ataukah tidak.
•    Kemudian kamu bisa menggunakan lap kering untuk membersihkan kembali sampai benar-benar kering dan tidak ada cairan lagi disana.
•    Baru kemudian pasang kembali casing HP kamu dan silahkan coba nyalakan.
•    Jika memang masih belum bisa, kamu bisa mencoba menggunakan headset dan atur volume dari headset, dan lihatlah apakah masih sama ataukah sudah berfungsi normal.
3.    Reset Factory HP Android Kamu
Jika dua cara diatas belum juga menghasilkan sesuatu yang berarti, maka opsi ini bisa kamu lakukan. Yaitu melakukan Reset Factory HP android kamu.
Dengan Reset Factory, HP android kamu akan kembali seperti pengaturan pabrik atau dengan kata lain akan kembali seperti baru lagi. Yang artinya adalah akan menghapus semua data dan aplikasi yang ada didalamnya. Maka saya sarankan sebelum kamu melakukan Reset Factory ini kamu mencadangkan data-data dan aplikasi yang ada agar tidak terhapus saat proses Reset Factory.
Caranya adalah sebagai berikut:
•    Silahkan kamu menuju ke Pengaturan
•    Scroll kebawah dan temukan menu Additional Setting/ Pengaturan Tambahan
•    Lalu tap menu Back Up and Reset
•    Kamu bisa memilih untuk mencadangkan dahulu di email atau SD Card kamu
•    Baru selanjutnya kamu bisa tap menu Factory Reset.
4.    Menggunakan Bantuan Aplikasi Tambahan
Ini adalah opsi tambahan yang mungkin bisa kamu coba untuk mengatasi volume yang naik turun sendiri. Yaitu dengan bantuan aplikasi pengganti tombol volume.
Dengan menggunakan aplikasi bantuan pengatur volume, kamu bisa menunda untuk mengganti komponen tombol volume.
Nama aplikasi tersebut adalah Volume Control yang bisa kamu download di Google Play Store. Aplikasi ini bisa kamu gunakan karena ukurannya yang ringan dan tampilannya yang mudah di pahami.
Caranya adalah sebagi berikut:
•    Pertama-tama silahkan buka aplikasi Google Play Store
•    Di kolom pencarian cari aplikasi  Volume Control
•    Kemudian silahkan install aplikasi tersebut
•    Lalu buka aplikasinya, maka akan terlihat opsi atur volume disana
•    Selanjutnya kamu tinggal atur sendiri volumenya dengan mengunci volume supaya tidak naik turun lagi.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Layar Sentuh HP Berubah Ungu

Jika semua cara diatas sudah kamu lakukan dan ternyata masalah Volume Naik Turun sendiri ini belum teratasi maka opsi terakhir yang bisa kamu lakukan adalah pergi ke Service Center resmi sesuai dengan merk HP kamu atau bisa ke konter service terdekat. Karena mungkin ada beberapa part yang mengalami kerusakan dan mau tidak mau harus dilakukan penggantian agar volume bisa kembali berfungsi normal seperti sebelumnya.
Terimakasih sudah membaca artikel ini. Selamat mencoba dan Semoga Berhasil.

Check Also

Cara Melindungi Akun PayPal : 9 Tips untuk Membuat Aun Paypal Kamu Tetap Aman

9 Tips untuk Membuat Aun Paypal Kamu Tetap Aman – Karena PayPal adalah platform populer …