Cara Canggih Mengunci Layar Android Dengan E-KTP

Berbagai aktivitas dilakukan banyak orang menggunakan ponsel cerdas. Data – data penting seringkali disimpan di media penyimpanan smartphone, baik memori internal ataupun eksternal. Untuk alasan itulah, para pengguna hape canggih menggunakan fitur pengunci layar.

Kebanyakan orang mengunci layar android nya menggunakan pola tertentu, yang mudah diingatnya. Meskipun banyak juga yang lupa pola kunci yang dibuatnya sendiri. Terdengar aneh, tapi begitulah. Wkwkwk..

Fitur NFC Android


Ada juga yang menggembok smartphone menggunakan password / kata sandi. Ini lebih sulit ditebak, dibandingkan PIN yang rentan terhadap pombobolan. Jika kamu menggunakan PIN, sebaiknya hindari penggunaan tanggal lahir dan bulan.

Tahukah kamu: 5 Fitur Penting Yang Harusnya Ada di Smartphone mu !

Untuk jenis – jenis lockscreen pada android, mungkin akan kita bahas di lain kesempatan. Kali ini kita akan fokus tentang cara memproteksi ponsel android menggunakan E-KTP.

Lockscreen banyak digunakan pengguna android, untuk mencegah jatuhnya data – data penting yang tersimpan pada memori smartphone ke tangan orang lain. Ini berhubungan dengan privacy seseorang, serta keamanan pengguna.

Cara Canggih Lockscreen Android Dengan E-KTP


Entah apa fungsi E-KTP yang menerapkan sinkronisasi database pengguna dengan server kependudukan. Nyatanya, untuk berbagai syarat kelengkapan dokumentasi berbagai instansi tetap saja fotocopy E-KTP yang diminta. Mungkin karena harga alat pembaca E-KTP mahal, atau masalah kewenangan. Wah, kok jadi melenceng dari topik?

Pastinya, ada satu manfaat E-KTP terkait dengan privacy pengguna Android. Kartu elektronik ini ternyata bisa digunakan untuk lockscreen smartphone kamu. Keunggulan metode ini adalah tidak mungkin untuk membuka layar smartphone, tanpa E-KTP pemilik ponsel.

Baca Juga:  6 Cara Perbaiki Hp Terendam Air Tanpa Sengaja

Untuk menggunakan lockscreen dengan metode E-KTP, syaratnya adalah android kamu setidaknya versi Lollipop. Dan satu lagi, pastinya kamu harus punya KTP Elektronik, bukan Kartu Tanda Penduduk yang dilaminating itu. Wkwkwk..

Cara Canggih Mengunci Layar Android Menggunakan E-KTP


Pertama, smartphone kamu harus mendukung teknologi NFC (Near Field Communication), yang mampu berkomunikasi saat didekatkan dengan perangkat lain.

  1. Setelah NFC di ponselmu aktif, masuk ke menu pengaturan (settings).
  2. Pilih menu keamanan (security) – smart lock. Pilih Trusted Agents, untuk mengaktifkan fitur ini. Smart Lock aktif dengan memilih pada Trusted Devices.
  3. Tempelkan E-KTP pada ponsel canggih kamu. Akan muncul pop up yang mengharuskan kamu menamai kartu elektronik tersebut. Secara default namanya E-KTP, tapi bisa diubah namanya sesuai keinginanmu.
  4. Nah, kini layar android mu telah terkunci dengan Elektronik KTP.

Cara Mudah Membuka Layar Android Dengan E-KTP


Untuk membuka lockscreen android, cukup tempelkan E-KTP kamu pada smartphone android. Sehingga smartphone bisa melakukan scan secara otomatis dan membuka layar android.

Nah, mudah bukan? Metode Lockscreen dengan kartu elektronik ini sangat berguna bagi kamu yang begitu menjaga privacy smartphone. Mengingat banyak data penting di dalam ponselmu, teknologi canggih ini sangat bermanfaat pastinya.

Simak juga: Cara Mengalihkan SMS di Hape Android Ke Nomor Lain !

Foto by: techhive.com

Check Also

17 Keuntungan Hp Jadul Yang Tidak Dimiliki Smartphone

Mungkin kamu akan menyangkal, jika dikatakan bahwa ponsel jadul punya kelebihan dibandingkan smartphone kesayanganmu. Tapi, …