4 Cara Mengatasi Notifikasi Penggunaan Data Android Penuh

Peringatan penggunaan data internet seringkali muncul, saat kita sedang asyik internetan dengan smatphone. Entah itu sekedar browsing, streaming, maupun download file berukuran lumayan besar.

Data Usage Limit merupakan fitur pembatasan data yang ditanamkan pada smartphone anda, khususnya Android. Fitur ini sudah diterapkan pada ponsel cerdas berbasis android, mulai versi 4.0 atau yang lebih akrab dikenal dengan Ice Cream Sandwich.

Mengatasi Notifikasi Data Penuh


Anda mungkin bertanya, untuk apa limit data disetel otomatis pada Android? Ya, namanya saja ponsel cerdas. Data Usage Warning berguna untuk mencegah pulsa anda terpotong, saat kuota internet habis. Nah, pembatasan data dapat diatur ukurannya sesuai keinganan pengguna. Jadi, bisa disesuaikan dengan paket internet yang anda pilih.

Sayangnya, bagi sebagian pengguna android, notifikasi penggunaan data melewati batas sangat mengganggu. Muncul dan akan selalu muncul, jika anda masih internetan. Jika kita buka pada notifikasi tersebut, informasi yang muncul berupa grafik data seluler.

4 Cara Mengatasi Notifikasi Penggunaan Data Android Penuh


Ada beberapa cara untuk mencegah munculnya notifikasi penggunaan data di android. Berikut beberapa cara yang dapat anda pilih:

Cara pertama

Cara ini bertujuan untuk menghilangkan notifikasi yang muncul, yaitu sebagai berikut:

  1. Ketuk pada notifikasi yang muncul.
  2. Akan muncul grafik dengan dua garis, kuning / oranye dan merah. Warna kuning atau oranye berarti peringatan ambang batas, sedangkan merah berarti penggunaan data secara otomatis dihentikan oleh sistem Android.
  3. Geser kedua garis tersebut ke atas, sesuai keinginan anda. Silahkan atur batas data yang diperkenankan.

Data Seluler Limit



Cara kedua

Cara ini bertujuan untuk menghapus statistis data dari siklus tertentu. Trik nya seperti berikut ini:

  1. Buka menu setting – data usage.
  2. Pastikan “mobile data” dicentang. Jika belum, beri tanda centang.
  3. Sentuh pada tanggal yang tampil, maka akan muncul opsi “ubah siklus (change cycle)”.
  4. Atur siklus mulai tanggal 1 sampai 31.
  5. Grafik bulan lalu akan diganti dengan grafik bulan ini yang kosong.
Baca Juga:  Cara Nelpon Gratis Via Bluetooth di Android


Ubah siklus data seluler di android



Cara ketiga

Untuk menghapus statistik penggunaan data secara permanen, anda dapat menggunakan aplikasi pengelola file seperti ES File Explorer.

  • Buka aplikasi explorer, masuk ke /data/system/netstats, hapus semua file dan folder yang ada.
  • Nyalakan ulang ponsel anda.

Cara hapus log data seluler menggunakan ES Explorer



Cara keempat

Jika 3 cara di atas kurang efektif menurut anda, maka pilihannya adalah factory reset. Mengembalikan setelan pabrik akan membuat smartphone anda menghapus semua statistik dan file. Jadi, pastikan anda mencadangkan semua file penting sebelum melakukan hal ini.

Simak juga: 11 Cara Menghemat Kuota Internet di Ponsel Android !

Nah, itulah 4 cara mengatasi notifikasi penggunaan data penuh yang selalu muncul di android. Sebaiknya gunakan cara pertama, kedua, atau ketiga. Cara keempat bisa dibilang terlalu darurat. Anda mungkin tidak perlu menggunakannya. Semoga bermanfaat.

Check Also

17 Keuntungan Hp Jadul Yang Tidak Dimiliki Smartphone

Mungkin kamu akan menyangkal, jika dikatakan bahwa ponsel jadul punya kelebihan dibandingkan smartphone kesayanganmu. Tapi, …