Cara Mudah Mematikan Auto Update Aplikasi di Android

Aplikasi dan permainan di ponsel android memiliki fitur auto update. Google play store secara default meng-aktifkan layanan ini. Hal ini bertujuan untuk update aplikasi atau game yang terpasang di smartphone secara otomatis. Jika versi terbaru telah dirilis, maka android segera melakukan update melalui koneksi internet.

Cara Mudah Mematikan Auto Update Aplikasi di Android


Banyak orang merasa terganggu dengan fitur auto update pada android, tapi mereka tidak tahu cara mematikan fitur ini. Auto update pada Google Play Store dapat menyebabkan daya baterai cepat habis. Parahnya lagi, banyak orang mengeluh karena kuota internet terkuras akibat update otomatis. Baru saja beli paket data internet, tiba-tiba habis begitu saja.

Untuk game dan aplikasi dengan ukuran kecil mungkin tidak terlihat pengurangan kuota internet. Tapi bagaimana dengan aplikasi berukuran besar seperti Google Maps, atau game Asphalt 8 dengan total data hampir mencapai 2 GB? Jika anda membeli paket kuota sebesar 2 GB di malam hari, keesokan harinya hanya tersisa sekitar 200 Mb saja. Kuota sebesar itu habis entah kemana? Dapat dibayangkan wajah anda yang terlihat kesal dan kecewa.

Cara Mudah Mematikan Auto Update Aplikasi di Android


Setting auto update pada Google playstore secara default memang aktif. Tapi anda dapat mengubahnya menjadi non aktif atau padam. Pengaturan ini dapat anda terapkan pada versi Play Store berapa saja. Jadi, anda tidak harus mencopot aplikasi atau game disebabkan update secara otomatis, yang akan menyebabkan kuota internet cepat habis.

Untuk mematikan fitur auto update pada playstore, ikuti langkah-langkah secara berurutan di bawah ini:

Langkah pertama, sambungkan ponsel android dengan internet. Jika sambungan data sudah aktif, lewati langkah ini.

Cara Mudah Mematikan Auto Update Aplikasi di Android


Buka aplikasi playstore, tap pada tombol berlogo tiga baris mendatar (horizontal). Letaknya di pojok kiri paling atas. Selanjutnya muncul daftar menu, silahkan memilih menu pengaturan (settings).

Baca Juga:  Cara Memulihkan Notifikasi Yang Hilang di Android

Pada menu setting terdapat beberapa opsi, silahkan pilih Auto-update apps.

Selanjutnya akan muncul 3 opsi untuk mengatur update aplikasi. Jangan perbarui aplikasi secara otomatis (Do-not auto-update apps), yang digunakan untuk menghentikan auto update.

Perbarui secara otomatis kapan saja (Auto-update apps at anytime), supaya aplikasi dapat melakukan update saat ditemukan versi baru.

Pilihan terakhir adalah Perbarui app secara otomatis hanya melalui WiFi (Auto update apps over wifi only), jika anda ingin aplikasi melakukan update saat terkoneksi dengan jaringan WiFi.

Nah, untuk mematikan Auto-update pada android, tentu saja anda harus memilih opsi pertama yaitu “Do-not auto-update apps”. Akan muncul konfirmasi yang menyatakan bahwa auto-update apps tidak aktif.

Sampai di sini anda sudah berhasil untuk mematikan Auto-update pada Play Store. Untuk menghidupkan auto-update pada aplikasi maupun game tertentu, dapat juga dilakukan.

Buka pengaturan aplikasi atau game yang akan diaktifkan update versinya.
Klik pada logo di pojok kanan paling atas.

Selanjutnya akan muncul pilihan untuk menyalakan auto update atau mematikan fitur ini. Caranya cukup dengan centang untuk mengaktifkan atau sebaliknya.

Nah, itulah cara mudah mematikan Auto-update aplikasi atau game di android. Tidak sulit, bukan? Silahkan atur sendiri, kapan anda harus menyalakan fitur ini. Banyak orang memilih opsi kedua, yaitu update aplikasi saat ponsel terhubung dengan jaringan WiFi. Keuntungannya adalah anda hanya membayar sejumlah uang untuk beli secangkir mocca, jika update dilakukan di kafe yang menyediakan gratis WiFi. Tapi semua tergantung anda sendiri. Semoga bermanfaat, untuk menghemat kuota internet.

Perlu kamu ketahui: Cara Membuka Kunci Android Yang Lupa Pola

Check Also

Inilah Cara Mengatasi HP yang Tidak Bisa Mengisi Daya

Salah satu permasalahan smartphone yang paling sering terjadi tidak hanya ketika digunakan, tapi saat sedang …