Cara Membuat Navigation Drawer Material Design di Android Studio

Cara Membuat Navigation Drawer Material Design di Android Studio 

Ada yang ingin belajar membuat Aplikasi Android?, ok pada kali ini saya akan membahas tentang Android Studio dengan pembuatan salah satu fitur yang seing kita jumpai pada sebuah aplikasi bisanya fitur terseut ada si sebelah kiri dan menampilakn beberapa menu serta diatasnya menampilkan foto yaitu Navigation Drawer.
Keunggulan Navigation Drawer sendiri memang banyak salah satu yang paling menonjol mungkin effisien terhadap layar karena seharunysa menampilkan menu yang banyak serta mempercantik segala hal, contohnya seperi Navigation Drawer yang ada pada Play Store yang begitu sangat berguna sekali.
Meski Android Studio telah menyediakan tampilan Navigation Drawer namun menurut saya tampilan tersebut kurang cantik untuk digunakan ada baiknya dan hal bagusnya kita juga bisa membuatnya secara manual dan bahkan bisa lebih cantik tentunya. Nah buat kamu pecinta Programming Android Studio dan ingin membuat Navigation Drawer yang keren silahkan bisa simak penjelasnaya dibawah ini.
  1. Tahap pertama silahkan buat project baru dengan nama Navigation View dan untuk nama company atau perusahaan terserah serta package namenya juga terserah.
  2. Lalu jika Android Studio sudah membuka 100% seperti menampilkan menu dan fitur lainya silahkan masuk kode dibawah ini pada file build.gradle, atau lebih tepatnya lakukan perubahan pada bagian dependencies.

  3. Lalu sekarang tambahkan atau atur seuah fel style.xml (res/values/styles.xml) dengan codingan dibawah ini untuk memastikan tampilan pada Activity cocok dengan library agar tidak terjadinya force close atau error lainya.

  4. Selanjutnya atur file colors.xml (res/values/colors.xml) lebih tepatnya pada text PrimaryColor and PrimaryDarkColor seperti pada codingan dibawah ini.
  5. Lalau bagaimana untuk Header pada Navigation Drawer?, untuk Headernya kita buat menggunakan FrameLayout, silahkan buat file terlebih dahulu file bernama navigation_header.xml atau lebih tepatnya berada di res/layout/navigation_header.xml, dan masukan codingan dibawah ini. Untuk drawable sendiri tinggal arahkan saja dengan gambar yang kamu simpan di folder drawable
  6. Tak lupa juga kita buat item menunya untuk ditampilkan pada body Navigation Drawer, silahkan tambahkan suah folder bernama menu lalu di dalamnya buat lagi file bernama navigation_view_items.xml, atau lebih tepat penyimpananya seperti ini res/menu/navigation_view_items.xml jika sudah masukan codindan dibawah ini.”

  7. Sementara itu untuk Activity sendiri (seperti activity_main.xml) tak lupa juga kita ubah pada bagian layoutnya dengan memanggil Navigation menjadi start atau muncul di sebelah kanan, dan berikut codingan tinggal kamu masukan.
  8. Sementara itu untuk bagian String sebagai nama-nama dari sebuah menu item sendiri kita bisa ubah apda file string.xml di dalam folder value. Dan tinggal masukan saja codingan dibawah ini untuk sebagai contohnya.

  9. Nahh codingan terakhir adalah codingan untuk javanya, berguna untuk memanggil Navigation Drawer untuk di tampilkan menggunakan toggle ataupun bisa juga mengatur perintah usai tap atau klik salah satu menu Navigation Drawer. Silahkan edit file src/MainActivity.java.

Nahh itulah dia Cara Membuat Navigation Drawer Material Design di Android Studio dan bagiaman teman-teman yang memperaktekan ini apakah mengalami kesulitan dan tidak paham apa yang saya maksud?, untuk memperlancar untuk fixnya bila ada kesalahan silahkan saja berkomentar dengan bijak insyallah saya akan mencoba membantu teman-teman jika mengalami error ataupun ada pertanyaan.
Untuk mengakhiri artikel ini saya ucapkan terima kasih untuk yang sudah berkunjung dan jangan lupa untuk berkunjung lagi lain waktu serta jangan bosan – bosan baca artikel terbaru pada Blog ini dan akhir kata saya ucapkan salam ngulik.
Baca Juga:  Cara Daftar dan Syarat Menjadi Penjual Lazada

Check Also

Cara Membuat Push Notification Message di Android

Cara Membuat Push Notification Message di Android  Hallo guys selamat pagi atau siang mungkin ya …